Pertemuan 4 (Analisis Objek Kajian Semiotika "Iklan Ramadan Gojek 2021 Mengandung Bawang")

PENDAHULUAN

Transportasi ojek online merupakan angkutan umum yang sedang banyak diminati masyarakat, sama dengan ojek pada umumnya ojek online menggunakan sepeda motor sebagai sarana pengangkutan. Ojek online kini banyak diminati karena berkembang dengan kemajuan teknologi. Ojek online merupakan ojek sepeda motor yang dapat dipesan menggunakan teknologi internet dengan memanfaatkan aplikasi pada telepon genggam. Hal ini dapat memudahkan pengguna jasa untuk memanggil pengemudi ojek online.

Seiring berkembangnya ojek online serta banyaknya kompetitor, membuat banyak perusahaan ojek online berinovasi bahkan dalam hal promosi melalui iklan di televisi dan internet. Salah satu-nya adalah Gojek, pada iklan gojek ramadhan tahun 2021 tentang "kiriman bermakna" banyak pesan tersirat pada iklan tersebut. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai tanda dan penanda yang terdapat pada iklan gojek ramadhan. 


ISI

Objek Kajian

Dalam kajian ini objek yang penulis ambil adalah Iklan Ramadan Gojek 2021 Mengandung Bawang dengan tagline "Kiriman Bermakna"

Link : https://www.youtube.com/watch?v=BzcL7iO8ivw


Bentuk Tanda pada Iklan Gojek "Kiriman Bermakna"

Scene 1

Sign

Wanita berhijab sedang merasa sedih setelah menonton video lama bersama temannya saat ramadhan tahun lalu.


Narasi

"Ramadhan ini meski berjauhan"

Objek

Wanita berhijab sedang memegang gedget-nya sambil duduk di meja makan.

Interpretant

Saat melihat gadget-nya, wajah dari wanita berhijab ini menggambarkan kesedihan


Scene 2

Sign

Pada scene ini terdapat driver Gojek sedang membawa penumpang yang berkostum box paket dari Tokopedia dengan menggunakan masker.



Narasi

"Gue masih bisa kirim sesuatu ke kalian"

Objek

Driver Gojek membawa penumpang yang berkostume box paket Tokoprdia berwarna hijau.

Interpretant

Driver Gojek sedang mengantarkan pesanan yang dipesan oleh pengguna melalui aplikasi Tokopedia


Scene 3

Sign

Di Scene ini, Doni menerima paket dari driver Gojek yang berisikan sendal berwarna hijau, paket tersebut dikirim oleh temannya Doni.



Narasi

"Buat lo, Don. Gue kirimin sendal. Persis sama yang pernah ketuker dimasjid"

Objek

Terdapat paket bertulisan gosend yang berisi sendal hijau.

Interpretant

Doni mendapatkan hadiah sendal baru dari temannya.


Scene 4

Sign

Doni menangis karena terharu mandapatkan paket kiriman dari temannya, pada scene ini Air mata Doni dibuat seolah olah ilustrasi dari sterilisasi terhadap barang-barang dengan menggunakan disinfektan atau sejenisnya.



Narasi

"Suara Doni Menangis"

Objek

Doni menangis meneluarkan air mata yang disemprotkan ke benda di sekitar yang menyebabkan benda tersebut berantakan.

Interpretant

Di Scene ini, memiliki makna bahwa semua barang yang ada di rumah perlu dibersihkan terlebih dahulu.


KESIMPULAN 

Dalam tayang iklan Gojek Ramadhan Nikmatnya Berbagi ini dapat disimpulkan bahwa meskipun bulan Ramadhan tahun 2021 tidak bisa berkumpul bersama teman-teman karena Covin-19 ini, tidak menghalangi kita untuk berbagi di bulan Ramadhan dengan tetap memperhatikan serta menerapkan protokol kesehatan. Di dalam iklannya, Gojek tidak hanya mempromosikan produk serta layanan-nya saja tetapi ada pesan yang dapat diambil yaitu menghimbau masyarakat agar tidak khawatir saat belanja atau mengirim paket dimasa pandemi Covid-19.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Thumbnail lorong waktu si AA

Pertemuan 2 (Kajian Semiotika dalam kehidupan sehari-hari)