State of art : Analisis Kajian Semiotika pada Iklan Gojek Edisi Ramadhan 2021

LATAR BELAKANG

Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi mendorong generasi muda untuk selalu berpikir kreatif dan berinovasi dalam berbagai hal. Salah satunya di dunia media. Media hadir sebagai sarana penyampaian informasi dan promosi. Oleh karena itu, informasi harus dikomunikasikan kepada publik secara efektif dan disajikan sekreatif mungkin. Iklan hadir sebagai informasi untuk memberikan produk kepada masyarakat melalui media (Kertamukti, 2015: 64). Menurut Vera (2014:13) periklanan diartikan sebagai bagian dari komunikasi karena pada dasarnya periklanan adalah proses penyampaian informasi. Informasi berisi informasi tentang produk, termasuk barang dan jasa.

Ardia,  dkk (2020)melakukan  penelitian  dengan  judul  penelitian Tanda,  Pesan,  dan  Makna  Iklan  Gojek Cendikiawan Semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian yang dilakukan menghasilkan bahwa iklan Gojek versi “Cendikiawan” adalah iklan yang mengajak masyarakatnya menjadi sosok cendikiawan, sehingga iklan Gojek ini dapat menjadi aplikasi alternatif yang cerdik guna memecahkan berbagai masalah. Pesan yang termuat dalam iklan ini  pun  bertujuan  untuk  mem-branding Gojek  sebagai  aplikasi  cerdik  dan  mampu  menjawab segala  bentuk permasalahan dalam kehidupan secara sederhana dan kreatif.

Di dalam penelitian ini, merupakan salah satu perusaan di Indonesia yang terus menerapkan iklan yang kreatif dan inovatif. Setiap iklan Gojek selalu memiliki makna tersirat di dalamnya. Salah satu iklannya adalah Ramadhan edisi 2021, iklan berdurasi 1 menit 12 detik yang menceritakan kisah boy band dua pria dan dua wanita yang tidak bisa merayakan Ramadhan bersama seperti Ramadhan tahun lalu, tetapi mereka masih bisa mengirim pesan dan hadiah. satu sama lain. . Ada adegan dimana mereka menangis ketika teman lain membuka kado, tapi itu tidak normal, air mata mereka mengalir seperti air di selang, ada yang merusak furnitur, berputar seperti putri, atau bahkan terbang seperti roket. Hal-hal inilah yang menarik peneliti untuk menganalisis lebih dalam karena berkaitan dengan pembentukan makna dalam sebuah iklan yang diunggah ke kanal youtube Gojek pada 3 April 2021.

RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan interpretasi latar belakang pernyataan di atas, ada pertanyaan yang menarik untuk diteliti, yaitu apa arti serta pesan dan kesan disetiap scene iklan Gojek Edisi Ramadhan 2021 ?

TUJUAN PENELITIAN

Berdasarkan rumusan pertanyaan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanda dan petanda dari setiap scene-scene pada iklan Hojek Edisi Ramadhan 2021

MANFAAT PENELITIAN

Hasil dari penelitian ini diharapkan agar dapat memberikan manfaat teoritis dan praktis, diantaranya:

a) Manfaat teoritis: semoga hasil dari penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk orang lain yang mempelajari penanda dan petanda.

b) Manfaat praktis: semoga hasil dari penelitian ini bisa menyumbangkan masukan untuk praktisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 4 (Analisis Objek Kajian Semiotika "Iklan Ramadan Gojek 2021 Mengandung Bawang")

Thumbnail lorong waktu si AA

Pertemuan 2 (Kajian Semiotika dalam kehidupan sehari-hari)